Peringkat Manajer InvestasiPemilihan manajer investasi harus dilakukan dengan cermat sebab hal ini menyangkut keamanan modal yang Anda investasikan dalam reksadana. Salah memilih MI, Anda hanya akan menyia-nyiakan dana pada investasi tipuan. Pastikan untuk melakukan pencarian dan penelusuran secara mendetail agar terhindari dari praktek penipuan. Salah satunya dengan mempertimbangkan peringkat manajer investasi yang akan dipilih.

Metode pemberian peringkat manajer investasi dilakukan berdasarkan analisa resiko industri, perusahaan dan resiko finansial. Manfaatnya dapat dilihat dari dua sisi, yaitu investor dan MI itu sendiri. Bagi para investor, rating sebuah perusahaan pengelola redaksana dapat menjadi pertimbangan saat hendak menggunakan jasa tersebut. Tentunya, semakin baik peringkatnya, semakin tinggi minat penanam modal untuk menginvestasikan dananya. Selain itu, pemberian peringkat yang dilakukan langsung oleh pihak otoritas tentunya memberikan gambaran jaminan keamanan bagi para investor. Sedangkan bagi manajer investasi, rating dapat menjadi pemicu bagi peningkatan pelayanan dan penyediaan produk sesuai dengan kebutuhan calon investor. Mereka tentu tidak ingin kehilangan kepercayaan pemilik modal disebabkan oleh rendahnya peringkat yang dimiliki, sehingga para pengelola dana tersebut akan terus mengoptimalkan upayanya untuk memperoleh posisi terbaik.

Saat memilih salah satu dari begitu banyak pilihan institusi yang ada, Anda harus melihat apakah lembaga tersebut terdaftar dan operasionalnya berizin resmi di situs Otoritas Jasa Keuangan. Perhatikan faktor legalitas dan peringkat manajer investasi sebelum menanamkan modal Anda.