Reksadana SahamInvestasi dapat menjadi sarana perlindungan finansial di masa depan. Di antara banyak produk yang tersedia, reksadana dikenal sebagai pilihan yang lebih aman dan terjangkau. Alat investasi ini sendiri dibagi menjadi beberapa pilihan. Salah satunya investasi reksadana saham.

Apapun jenis investasinya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah tujuan. Apakah yang ingin Anda capai dengan menanamkan modal pada suatu produk dan berapa lama? Apabila Anda memiliki tujuan jangka panjang, katakanlah lebih dari 5 tahun, investasi reksadana saham merupakan pilihan yang sesuai. Selain itu, produk penanaman modal ini juga menawarkan keuntungan yang menarik walaupun resiko kerugian juga tetap tinggi. Berikut ini cara bagaimana untuk memulai berinvestasi pada reksadana saham:

  • Datang langsung ke bank penyedia jasa investasi reksadana atau kantor manajer investasi. Alternative lain, Anda dapat memanfaatkan layanan e-banking dari bank.
  • Perhatikan besarnya biaya pada setiap transaksi. Ingat prinsip “high risk, high return”.
  • Baca, pahami, dan bandingkan prospectus dari reksadana-reksadana yang Anda minati.
  • Perhatikan kinerja reksadana dalam periode satu tahun sebelumnya, apakah konsinsten dan di atas kinerja indeks pasar.
  • Pahami iklim perekonimian di masa mendatang dan efeknya terhadap bidang-bidang tertentu.

Tinggi rendahnya keuntungan yang Anda peroleh dari investasi reksadana saham tergantung dari tingkat pertumbuhan dari produk itu sendiri. Dapatkan informasi lanjutan dari perusahaan manajer investasi atau bank yang menyediakan jasa investasi reksadana sebelum memutuskan untuk melakukan penanaman modal.