Peringkat Manajer InvestasiSaat ingin berinvestasi pada produk reksadana, nilai modal yang dimiliki bukanlah faktor utama. Tidak seperti dalam aktivitas investasi yang memposisikan Anda sebagai pemain utama, dalam reksadana, Anda hanya perlu menyerahkan pengelolaan modal kepada pihak lain yang disebut manajer investasi. Perusahaan inilah yang akan meneruskan aliran dana tersebut ke produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Peringkat majaner investasi adalah salah satu faktor penting yang dapat digunakan dalam proses memilih perusahaan pengelolahan dana reksadana. Dibandingkan dengan memilah banyaknya MI berdasarkan tingginya return, penggunaan peringkat justru lebih mudah dan efektif sehingga akan menghemat waktu lebih banyak. Untuk mendapatkan informasi terkait dengan peringkat dari manajer investasi tersebut, Anda dapat mengunjungi situs lembaga pemeringkatan terkait. Salah satunya PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO). Selain itu, ada banyak website atau koran bisnis yang menjadi portal terpercaya tempat ditampilkannya data terbaru dari peringkat manajer investasi.

Menginvestasikan modal di dalam reksadana memang lebih terjangkau daripada Anda melibatkan diri secara langsung. Anda hanya perlu menyetorkan sejumlah dana kepada perusahaan pengelola yang juga biasa disebut sebagai manajer investasi atau fund house. Institusi ini akan mengumpulkan modal dari beberapa investor yang kemudian diteruskan pada produk investasi sesuai dengan minat investor itu sendiri. Melihat cara kerja dari manajer investasi, tentunya Anda harus berhati-hati dalam memilih sebelum menitipkan modal. Pilih perusahaan terpercaya dengan mempertimbangkan beberapa hal termasuk legalitas, pengalaman dan rating.