Membeli Reksadana SahamReksadana saham adalah jenis reksadana dengan potensi atau kemungkinan keuntungan yang paling tinggi diantara jenis reksadana lainnya. Hal ini disebabkan oleh pergerakan nilai saham yang cepat dan besar sehingga reksadana yang sebagian besar asetnya berupa saham akan mendapatkan keuntungan besar saat nilai saham naik drastis. Potensi besar ini tentunya membuat orang tertarik untuk membeli reksadana saham.

Seperti halnya reksadana lainnya, reksadana saham bisa dibeli di beberapa tempat yaitu

  • perusahaan managemen investasi

Keuntungannya adalah pilihan dana awal investasi yang cukup terjangkau tetapi pilihan reksadananya biasanya terbatas sehingga tidak semua perusahaan menyediakan reksadana saham.

  • bank yang bekerja sebagai agen penjual reksadana

Membeli di bank memberikan lebih banyak pilihan reksadana namun biasanya bank mensyaratkan investor untuk memiliki rekening dengan jumlah tertentu dan dana awal investasi cukup besar.

  • supermarket reksadana

Supermarket reksadana juga memberikan pilihan reksadana yang sangat banyak namun perlu diperhatikan biaya-biaya yang mungkin muncul.

  • sebagai unit link bersama dengan asuransi.

Membeli reksadana bersama dengan asuransi tentunya harus memikirkan pembelian asuransi dan biaya lain yang terkait.

Berbagai perusahaan, bank, dan agen penjual reksadana banyak yang sudah melayani secara online sehingga memudahkan pembelian. Namun, pembeli tetap harus melengkapi dokumen-dokumen fisik yang dibutuhkan dalam pembukaan reksadana.

Reksadana saham adalah reksadana dengan minimum 80% investasi pada saham dan selebihnya digunakan pada jenis investasi lain seperti obligasi dan mata uang. Sebelum membeli reksadana saham, pastikan Anda mengerti bahwa resikonya paling besar diantara reksadana lainnya. Pastikan Anda bertemu dengan manager investasi yang berpengalaman di dunia saham.