Berinvestasi di ReksadanaReksadana merupakan alternatif investasi bagi mereka yang memiliki modal terbatas. Banyak orang, bahkan mahasiswa yang telah melibatkan diri dalam bisnis investasi ini. Dana yang terkumpul dari para investor akan dikelola oleh manajer investasi untuk dibelikan saham, obligasi atau instrumen keuangan lainnya.

Modal berinvestasi di reksadana nilainya bisa jauh lebih kecil dibandingkan Anda menanamkan modal pada saham atau obligasi secara pribadi. Untuk sebuah produk saham yang bernilai jutaan rupiah, Anda tidak harus mengeluarkan dana sebesar itu. Cukup membelinya melalui reksadana dengan nilai yang jauh lebih kecil, bahkan bisa dalam seratus atau beberapa ratus ribu saja. Harga tersebut tentunya tergantung pada nilai penawaran yang disediakan oleh perusahaan manajer investasi atau bank serta jenis reksadana yang diinginkan. Meskipun nilai investasi pada reksadana sangat terjangkau, pilihan produk keuangan ini menawarkan return profit yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis tabungan biasa. Itulah mengapa, kini semakin banyak kalangan yang menanamkan modalnya di reksadana.

Pembelian dapat dilakukan di dua tempat dengan modal berinvestasi di reksadana berbeda-beda. Yang pertama adalah bank yang menawarkan akses lebih mudah, bahkan Anda dapat melakukan pembelian dan monitoring secara online. Akan tetapi, tidak semua customer service di bank memiliki kemampuan menjelaskan secara detail mengenai investasi jenis ini. Yang kedua adalah manajer investasi yang memiliki pengetahuan luas dan lengkap mengenai produk reksadana yang dijualnya, tetapi biasanya jumlah produknya terbatas.