Bertanya, Cara termudah Mengembangkan Kapasitas Pribadi dan BisnisApa yang akan Anda lakukan bila Anda tidak tahu cara untuk melakukan sesuatu? Pastinya Anda akan bertanya mengenai hal tersebut pada orang lain, orang yang memiliki kemampuan atau pengetahuan mengenai hal tersebut. Cukup sederhana bukan, namun dalam banyak kasus dimana mereka yang sudah cukup sukses atau mereka yang dikenal sebagai atasan atau pimpinan merasa malu untuk bertanya mengenai hal yang tidak mereka ketahui.

Para atasan ini terjebak dalam sebuah asumsi bahwa mereka yang sudah duduk di jajaran tertinggi sebuah perusahaan pastinya sudah mengetahui dengan pasti mengenai apapun, terutama mengenai hal yang berkaitan dengan usaha yang mereka jalankan. Ego mereka untuk menjadi seseorang yang dikenal sebagai seorang yang ahli justru menghalangi mereka untuk menemukan solusi dari sebuah masalah dengan cepat.

Hal ini perlu menjadi perhatian dari para pelaku bisnis yang sedang terjebak pada suatu masalah. Bertanyalah pada mereka yang memiliki pengetahuan mengenai hal tersebut, terlepas dari siapapun mereka, teman, relasi kerja, keluarga, bawahan atau mungkin juga tenaga profesional yang ahli dibidangnya.

Bertanya mengenai sesuatu hal bukanlah pertanda kelemahan namun tanda dari sebuah kekuatan. Oleh karena itu, jangan biarkan ego menjadi penghalang untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan cepat dan tepat. Bertanya kepada orang lain adalah cara paling mudah untuk bisa membangun pribadi dan juga perkembangan sebuah bisnis, bila dilakukan dengan tepat dan elegan.