Cara Memberikan Komentar yang MembangunDalam menjalankan sebuah organisasi atau sebuah bisnis, memberikan komentar yang membangun adalah suatu hal yang sederhana namun bisa sangat bermanfaat bagi setiap orang. Seorang atasan sudah pasti akan sering memberikan komentar yang baik dan buruk kepada bawahan mereka. Pemberian komentar yang baik dan buruk akan sangat membantu setiap orang untuk bisa tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik, sepanjang komentar  yang diberikan memang benar-benar membangun.

Seperti apa sebuah komentar yang bisa dikatakan sebagai komentar yang membangun? Komentar yang membangun adalah komentar yang spesifik, yang ditujukan pada perbuatan atau hasil dari sebuah perbuatan dan bukan pada pribadi orang itu sendiri. Selain itu, sebuah komentar yang membangun harusnya berfokus pada hal yang bisa ditingkatkan dan pada hal-hal yang bisa dikerjakan dengan nyata.

Beberapa contoh komentar yang membangun misalnya saja “Saya suka bahwa kamu selalu tepat waktu dalam menyerahkan hasil penelitian kamu”. Hal ini akan jauh lebih baik dan lebih spesifik bila dibandingkan dengan mengatakan “Kamu hebat”. Untuk komentar negatif bisa dicontohkan dengan “Saya lihat ada beberapa kesalahan perhitungan dalam rancangan ini” dan bukannya berkata “Apa kamu tidak bisa menghitung?”. Sebuah komentar yang membangun dan tidak menyerang seseorang secara personal akan jauh lebih baik dan lebih efektif, serta akan memberikan hasil yang diinginkan demi kebaikan bersama.