Hal–hal yang Dilakukan oleh Seorang Pemimpin yang mampu Menginspirasi Orang LainBerbagai penelitian menunjukkan bahwa seorang pemimpin yang mampu menginspirasi orang lain terutama mereka yang bekerja dibawah komandonya merupakan hal yang sangat penting. Dari berbagai kompetensi atau karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, karakter yang satu ini bisa dikatakan sebagai karakter yang paling menonjol. Dalam banyak kasus, karakter inilah yang membedakan antara pimpinan yang paling efektif diantara pemimpin  yang lainnya.

Lalu, apa saja hal-hal yang bisa dilakukan oleh seorang pemimpin sehingga mereka mampu menjadi inspirasi bawahan mereka? Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh para pemimpin seperti ini dan setiap pemimpin yang memiliki karakteristik ini menggunakan jenis pendekatan yang berbeda namun tetap efektif dalam membawa hasil yang diharapkan.

Beberapa jenis pendekatan yang dilakukan para pemimpin bisa berupa kemampuan mereka dalam menetapkan tujuan yang spesifik bersama-sama dengan seluruh anggota tim atau bisa juga berupa kemampuan untuk mendorong seluruh anggota untuk lebih inovatif dan kreatif. Selain itu ada juga pendekatan yang mungkin tidak terlalu menonjol namun tetap memberikan hasil yang diharapkan. Pendekatan seperti ini bisa berupa kemampuan untuk menjalin hubungan emosional dengan para bawahan, mampu untuk menjadi seorang role model di sebuah perusahaan atau organisasi, atau bisa juga berupa kemampuan untuk mendengarkan dan berkomunikasi dengan lebih baik.

Setiap pemimpin yang memiliki keinginan untuk bisa menjadi inspirasi bagi para bawahan bisa mulai belajar mengembangkan kemampuan tersebut satu persatu. Semakin banyak kemampuan yang mereka miliki, maka semakin besar pula inspirasi yang bisa mereka berikan kepada bawahan mereka.