Hal Kecil yang Bisa Berpengaruh Terhadap KesuksesanBanyak pelaku bisnis yang terpaku pada gambaran besar dari bisnis mereka. Perhatian mereka lebih terfokus pada tujuan yang harus dicapai dalam jangka waktu tertentu, langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, masalah perekonomian yang perlu segera diatasi serta berbagai hal-hal lain yang perlu dicatat dengan rinci dan diterapkan sesuai dengan kesepakatan.

Namun, ada hal-hal kecil yang mungkin tidak terlalu penting dan tidak mesti tercatat dalam buku panduan namun bisa jadi sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha, atau paling tidak akan memiliki sumbangsih cukup besar terhadap usaha itu sendiri. Salah satu hal kecil yang mungkin banyak diabaikan adalah usaha untuk melakukan apa yang sudah dijanjikan. Banyak orang yang menjanjikan sesuatu terhadap konsumen namun dalam kenyataannya tidak pernah memenuhi janji tersebut.

Bila Anda pelaku bisnis atau karyawan yang bekerja di tempat usaha Anda berjanji untuk menghubungi konsumen bila ada penawaran baru, maka pastikan bahwa janji ini dipenuhi. Banyak contoh-contoh kecil lain yang cenderung diabaikan oleh para pelaku bisnis, walaupun sebenarnya hal-hal ini bisa dipergunakan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan para konsumen.

Para konsumen akan terkesan dengan hal seperti ini dan secara tidak langsung hal ini akan membuat mereka menjadi pelanggan yang loyal. Bila dibandingkan dengan kehidupan perkawinan, menumpuknya hal-hal kecil yang mengecewakan pasangan bisa menjadi salah satu pencetus gagalnya ikatan pernikahan itu sendiri, sama seperti sebuah bisnis.