concentration-16032_640

 

Semua hal dan subjek di dunia ini selalu memiliki seni tersendiri, dan tidak terkecuali bila kita membahas satu hal tentang perbedaan pedagogi dan andragogi. Sekilas pandang keduanya sama saja, sebab sama-sama terkait dengan pengajaran, atau bagaimana memberikan pengalaman serta pengetahuan baru kepada anak didik atau anak kandung. Pedagogi merujuk pada sebuah istilah, yakni seni atau ilmu dalam menjadi seorang guru. Ini kemudian merujuk pada gaya pembelajaran maupun strategi pembelajaran tertentu yang bisa diterapkan dalam situasi/konteks tertentu. Lebih jauh lagi, pedagogi terkadang merujuk pada bagaimana menggunakan strategi mengajar yang tepat. Dalam banyak hal, filosofi seseorang dalam mengajar dipengaruhi oleh pengalaman dan latar belakang pengetahuan yang didapatkannya; selain itu ia juga dipengaruhi oleh tujuan pembelajaran, lingkungan, kondisi pribadi, serta tujuan pembelajaran yang dirumuskan melalui kurikulum tertentu.

Lalu, bagaimana dengan andragogi? Adakah perbedaan pedagogi dan andragogi yang bisa dimaknai dengan jelas? Tentu saja ada. Bila pedagogi merujuk pada seni atau ilmu, andragogi lebih merujuk pada proses. Yang dimaksud adalah proses yang berkaitan dengan bagaimana melibatkan peserta didik ke dalam sebuah struktur pembelajaran khusus. Istilah ini pertama kali dikenalkan di Jerman oleh Alexander Kapp dan kemudian dikembangkan oleh Malcolm Knowles menjadi teori pendidikan. Dalam perkembangannya, andragogi diungkapkan dalam postulat sederhana.

  • Orang dewasa diperlukan dalam evaluasi sekaligus perencanaan pembelajaran yang diikuti, sebab berkaitan dengan motivasi serta konsep diri dalam proses pembelajaran.
  • Dasar dari segala macam aktivitas belajar adalah pengalaman.
  • Orang dewasa bakal berminat pada pokok bahasan yang memiliki relevansi langsung dengan kehidupan serta pekerjaan pribadinya.
  • Bagi orang dewasa, belajar adalah bagaimana menemukan serta memecahkan masalah. Ini menjadi orientasi penting.

Bisa dilihat bahwa andragogi menekankan pada proses, sementara pedagogi merujuk pada seni tentang bagaimana pembelajaran dirumuskan melalui struktur tertentu. Bila pedagogi adalah buku yang berisi ilmu, maka andragogi adalah tentang bagaimana menerapkan ilmu tersebut. Inilah perbedaan pedagogi dan andragogi di tingkat yang paling dasar.